2. Membuat laporan tugas dengan paket Microsoft Excel.
Cara Membuat Laporan dan Pengelolaan Akuntansi Melalui Excel
Tren Penggunaan Excel untuk Akuntansi Usaha Kecil
Sebelum kita menyelami fitur dan manfaat Excel, penting untuk memahami bagaimana penggunaan Excel untuk akuntansi umkm dan bisnis kecil yang telah berubah selama beberapa tahun terakhir.
Excel terus menjadi salah satu cara atau alat membuat pengelolaan akuntansi lebih mudah dan paling populer yang digunakan oleh manajer keuangan usaha kecil.
Bisnis kecil cenderung memiliki dan menggunakan lebih sedikit data keuangan bila dibandingkan dengan perusahaan, dan Excel memungkinkan bisnis tersebut untuk fokus pada tugas akuntansi dasar, seperti perencanaan dan perkiraan anggaran.
Berikut ini rincian alat akuntansi yang digunakan oleh bisnis Amerika Serikat:
cara membuat akuntansi excel
Sumber: roberthalf.com
Terlepas dari popularitas Excel, penggunaannya dalam akuntansi semakin menurun di antara bisnis dari semua ukuran, seperti yang ditunjukkan pada grafik di bawah ini.
Salah satu alasan yang mungkin untuk penurunan ini adalah penurunan harga perangkat lunak ERP dan software akuntansi berbasis cloud yang secara khusus menargetkan fungsi dasar seperti otomasi pembukuan dan penghitungan perpajakan.
cara membuat akuntansi 2
Penggunaan Excel untuk akuntansi bisnis telah menurun sejak 2017, Sumber: roberthalf.com
Baca juga: Kasus Wirecard dan Cara Antisipasi Fraud dalam Laporan Keuangan
Manfaat Menggunakan Excel untuk Akuntansi Bisnis Kecil
Membandingkan kumpulan data
Membantu membandingkan kumpulan data keuangan seperti total hutang dagang versus piutang untuk menghitung volume arus kas dalam periode tertentu.
Anda dapat melacak biaya berulang untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang ke mana uang Anda pergi, dan (jika berlaku) membagi pelanggan menjadi kelompok-kelompok berdasarkan ukuran, lokasi, atau pembelian untuk melihat kelompok mana yang menghasilkan pendapatan paling besar untuk bisnis Anda.
Hasilkan laporan yang dapat disesuaikan
Buat laporan berbasis template (termasuk tabel dan grafik) yang dapat digunakan kembali untuk tugas-tugas seperti manajemen faktur dan memperkirakan volume arus kas.
Laporan ini dapat disesuaikan sesuai kebutuhan untuk menambahkan lebih banyak poin data (seperti tarif pajak penjualan negara bagian berganda / berbeda) tanpa harus membuat templat baru dari awal.
Otomatisasi entri data
Excel makro membantu mengotomatiskan tugas entri data keuangan berulang (misalnya, Menyalin data dari sumber utama ke lembar Excel). Misalnya, Anda bisa membuat makro untuk mengekspor data terkait faktur dari file CSV dan mengisi template manajemen faktur yang relevan di lembar Excel Anda.
Baca juga: Ingin Menjadi Akuntan Perpajakan? Perhatikan Hal Berikut Ini
cara membuat akuntansi 2
Akuntansi Berbasis Kas dalam Excel
Jika Anda menggunakan akuntansi berbasis kas (yang digunakan oleh kebanyakan bisnis kecil), mulailah lembar kerja baru, dan masukkan tajuk kolom untuk tanggal, deskripsi transaksi, dan nomor transaksi. Sertakan tajuk kolom untuk pendapatan, pengeluaran, dan saldo akun.
akuntansi berbasis kas
Ini sangat mirip dengan memasukkan transaksi Anda dalam daftar catatan harian. Jika Anda membeli sesuatu, Anda memasukkan biaya untuk jumlah itu.
Jika pelanggan membayar suatu produk, Anda memasukkan pendapatan. Untuk setiap jenis transaksi, Anda dapat menambah atau mengurangi jumlah dari saldo akun.
Anda dapat membuat lembar berbeda untuk setiap bulan, atau terus menggunakan satu lembar untuk melacak semua transaksi Anda.
Akuntansi Berbasis Akrual dalam Excel
Jika Anda menggunakan metode akuntansi basis akrual atau akuntansi entri ganda, Anda harus menyiapkan akun yang berbeda. Persamaan akuntansi adalah pedoman untuk semua transaksi.
Aset = Kewajiban + Ekuitas
Dalam konteks ini, itu berarti bahwa total akun aset Anda harus sama dengan total akun kewajiban dan ekuitas Anda. Dengan kata lain, jika aset Anda meningkat, kewajiban dan ekuitas Anda akan meningkat. Tentunya ini adalah cara yang tidak direkomendasikan untuk membuat laporan akuntansi melalui excel, karena rentan dengan kesalahan.
Namun jika Anda masih ingin menggunakan cara memabuat t akuntansi berbasis akrual berikut adalah caranya:
Pertama, Anda harus membuat bagan akun. Berbagai kategori akun adalah aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan akun pengeluaran. Usaha kecil dapat memiliki akun ekuitas jika mereka memiliki investor atau menggunakan jenis pembiayaan ekuitas.
Setiap kategori akun memiliki akun yang berbeda di dalamnya. Misalnya, akun aset dapat berisi akun seperti kas, piutang, inventaris, aset tetap, atau aset lainnya. Piutang usaha adalah pembayaran yang terhutang kepada Anda untuk pembelian dari Anda menggunakan kredit.
Akun liabilitas untuk usaha kecil biasanya memiliki hutang usaha, hutang upah, atau biaya hutang lainnya. Hutang akun adalah uang yang Anda miliki untuk pembelian secara kredit.
Buat bagan akun Anda di lembar kerja pertama dari buku kerja. Anda dapat mencantumkannya berdasarkan jenis akun (aset, kewajiban, dll.) Agar lebih mudah dipahami. Di kolom berikutnya, tetapkan nomor untuk setiap akun.
Baca juga: Laporan Neraca: Pengertian, Cara Menyusunnya Dan Membacanya
Fitur Utama di Excel yang Dapat Digunakan untuk Akuntansi Bisnis Kecil
Tabel pivot
Terletak di menu “Insert” Excel, tabel pivot adalah format tabel canggih yang meringkas kumpulan data kompleks berdasarkan rentang sel yang dipilih. Dari sana, pengguna dapat memfilter data yang dipilih di jendela terpisah atau separate window.
Kapan menggunakan fitur ini pada bisnis kecil?
Tabel pivot sangat baik untuk merangkum data akuntansi mentah dan mengurutkannya ke dalam kategori yang berbeda. Katakanlah Anda harus memilah-milah data dan peruntukan manajemen biaya. Anda bisa menggunakan tabel pivot untuk menyaring melalui kumpulan data yang rumit dan merangkum pengeluaran berdasarkan kategori.
Baca juga: Konsep Dasar Akuntansi: Pengertian dan 8 Konsep yang Harus Anda Tahu
Analisa What-if
Terletak di menu “Data” pada Excel, analisis What-if membantu Anda memperkirakan hasil dengan mengubah kumpulan data dalam rumus. Dengan kata lain, fitur ini memungkinkan pengguna menguji hasil baru dengan memodifikasi data tanpa menghapus atau mengubah dataset primer.
Kapan menggunakan fitur ini pada bisnis kecil?
Fitur ini sangat ideal untuk manajemen arus kas dan keseluruhan anggaran serta proses perkiraan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menguji berbagai perkiraan anggaran dalam format grafis (garis tren atau grafik batang) dan mengubah perkiraan perkiraan ini berdasarkan modifikasi yang dilakukan pengguna terhadap data anggaran.
Forecast sheets
Fitur ini terletak di menu yang sama dengan “what-if analysis“, dan membantu pengguna memperkirakan tren data berdasarkan nilai historis. Fitur ini memprediksi tren dalam format grafis alih-alih hanya mengubah nilai data dalam sel.
Kapan menggunakan fitur ini pada bisnis kecil?
Fitur ini hanya relevan jika Anda memiliki data historis yang mencakup beberapa tahun. Misalnya, jika Anda memiliki data arus kas dari tahun-tahun sebelumnya, Anda dapat memasukkan data itu dalam sebuah tabel dan menggunakan fitur ini untuk membuat lembar kerja baru dengan grafik yang memperkirakan tren masa depan dalam volume arus kas Anda.
Merasa kesulitan untuk membuat lembar Excel dari dasar? Tenang! Anda bisa mendownload ebook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil Anda.
4 Rekomendasi dalam Menggunakan Excel untuk Akuntansi Usaha Kecil
Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat jika Anda menggunakan (atau mempertimbangkan menggunakan) Excel untuk akuntansi di bisnis kecil Anda.
Pastikan program yang Anda inginkan sebenarnya adalah Excel.
Jika artikel ini kedengarannya terlalu banyak hal untuk dipelajari atau tidak sesuai dengan yang Anda cari, jangan lupa bahwa Anda masih mempunyai opsi lain seperti menggunakan software akuntansi yang lebih mudah digunakan dan dengan harga terjangkau seperti Accurate Online.
Biasakan diri Anda dengan template yang ditawarkan oleh Microsoft.
Jika Anda tidak cocok dengan template yang telah kami berikan diatas, Anda bis bisa mencari templat akuntansi yang ditawarkan Microsoft untuk memenuhi kebutuhan Anda.
Setelah Anda membiasakan diri dengan templat, Anda dapat menyesuaikannya berdasarkan fitur atau proses unik pada bisnis Anda (misalnya, Memperkirakan anggaran bulanan vs triwulanan, menambahkan tabel pivot, termasuk logo Anda).
Mempelajari pembuatan template menggunakan sumber daya online.
Cari artikel atau video daring yang memandu Anda membuat dan / atau menggunakan templat dari awal hingga selesai. Ini akan membantu Anda memahami antarmuka Excel, memperkenalkan Anda ke fungsi tambahan yang mungkin ingin Anda gunakan, dan memberi Anda latihan langsung sebelum menggunakan data Anda sendiri.
Fokus pada pembelajaran dari kumpulan data prefilled.
Practice makes perfect. Ini berlaku untuk menggunakan Excel untuk tugas akuntansi apa pun, seperti manajemen arus kas. Setelah menyelesaikan templat, Anda dapat berlatih menggunakannya dengan kumpulan data prefilled untuk memastikan Anda memahami cara menggunakannya sebelum memasukkan data Anda sendiri.
Baca juga: Apa itu Aset? Kenali Pengertian dan Jenisnya dalam Bisnis Anda
Kesimpulan
Mengetahui cara membuat laporan akuntansi pada lembar excel memang hal yang penting yang perlu Anda lakukan, terutama jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang sedang bertumbuh. Namun saat kebutuhan dan nilai perusahaan Anda berkembang, memakai proses pembukuan manual seperti excel bukanlah hal yang direkomendasikan.
Proses pembukuan manual sangat rentan dengan human error, tindakan fraud, sampai sangat tidak efisien untuk digunakan ditengah kemajuan zaman saat ini. Sebagai solusi, Anda bisa mencoba untuk menggunakan software akutnansi online yang sudah terbukti dan teruji seperti Accurate Online.
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.
Komentar
Posting Komentar