3. Membuat laporan tugas dengan paket Microsoft powerpoint.
Tugas dasar untuk membuat presentasi PowerPoint
presentasiPowerPoint berfungsi seperti peragaan slide. Untuk menyampaikan pesan atau cerita, Anda membaginya menjadi slide. Pikirkan setiap slide sebagai kanvas kosong untuk gambar dan kata-kata yang membantu Anda menceritakan kisah Anda.
Versi yang lebih baruOffice 2010
Memilih tema
Saat Anda membuka PowerPoint, Anda akan melihat beberapa tema dan templat bawaan. Tema adalah desain slide yang berisi warna, font, dan efek khusus yang sesuai, seperti bayangan, pantulan, dan masih banyak lagi.
Pada tab file di pita, pilih baru, lalu pilih tema.
PowerPoint memperlihatkan pratinjau tema, dengan empat variasi warna untuk dipilih di sisi kanan.
Klik Buat, atau ambil ragam warna, lalu klik Buat.
Memperlihatkan Buat Presentasi Baru dari dialog Tema di PowerPoint
Baca selengkapnya: menggunakan atau membuat tema di PowerPoint
Menyisipkan slide baru
Di tab Beranda, klik bagian bawah Slide Baru, lalu pilih satu tata letak slide.
Memperlihatkan tombol Slide Baru pada tab Beranda dari pita di PowerPoint
Baca selengkapnya: Menambah, menata ulang, dan menghapus slide.
Menyimpan presentasi Anda
Pada tab File, pilih Simpan.
Pilih atau cari ke folder.
Dalam kotak Nama file, ketikkan nama presentasi Anda, kemudian pilih Simpan.
Catatan: Jika Anda sering menyimpan file pada folder tertentu, Anda bisa ‘menyematkan’ path tersebut sehingga selalu tersedia (sebagaimana diperlihatkan di bawah).
Menyimpan presentasi PowerPoint Anda
Tips: Simpan pekerjaan selagi Anda bekerja. Tekan Ctrl + S sering.
Baca selengkapnya: menyimpan file presentasi Anda
Menambahkan teks
Klik tempat penampung teks, dan mulailah mengetik.
Memperlihatkan menambahkan teks ke bidang teks di PowerPoint
Memformat teks Anda
Pilih teks.
Di bawah Alat Menggambar, pilih Format.
Perlihatkan tab Alat Gambar di pita dalam PowerPoint
Lakukan salah satu hal berikut ini:
Untuk mengubah warna teks Anda, pilih Isian Teks, lalu pilih sebuah warna.
Untuk mengubah warna kerangka bentuk teks Anda, pilih Kerangka Teks, lalu pilih sebuah warna.
Untuk menerapkan bayangan, pantulan, cahaya, kemiringan, rotasi 3D, transformasi, pilih Efek Teks, lalu pilih efek yang Anda inginkan.
Baca selengkapnya:
Mengubah font
Mengubah warna teks pada slide
Menambahkan poin atau nomor ke teks
Memformat teks sebagai superskrip atau subskrip
Menambahkan gambar
Pada tab Sisipkan, lakukan salah satu hal berikut ini:
Untuk menyisipkan gambar yang disimpan di drive lokal Anda atau di server internal, klik Gambar, telusuri gambar, lalu pilih Sisipkan.
Untuk menyisipkan gambar dari web, pilih gambar online, dan gunakan kotak pencarian untuk menemukan gambar.
Dialog Sisipkan Gambar di PowerPoint
Pilih gambar, kemudian klik Sisipkan.
Menambahkan bentuk
Anda dapat menambahkan bentuk untuk mengilustrasikan slide Anda.
Pada tab sisipkan , pilih bentuk, lalu pilih bentuk dari menu yang muncul.
Di area slide, klik dan seret untuk menggambar bentuk.
Pilih tab format atau format bentuk pada pita. Buka galeri gaya bentuk untuk menambahkan warna dan gaya dengan cepat (termasuk bayangan) ke bentuk yang dipilih.
Grup gaya bentuk
Menambahkan catatan pembicara
Slide akan sangat baik jika Anda tidak menjejalkan terlalu banyak informasi. Anda bisa menambahkan fakta dan catatan dalam catatan pembicara, dan jadikan rujukan Anda saat menjalankan presentasi.
Untuk membuka panel catatan, pada bagian bawah jendela, klik Catatan tombol catatan di PowerPoint .
Klik di dalam panel Catatan di bawah slide tersebut, dan ketikkan catatan Anda.
Memperlihatkan panel Catatan pembicara di PowerPoint
Baca selengkapnya:
Menambahkan catatan pembicara ke slide Anda
Mencetak slide dengan atau tanpa catatan pembicara
Menyampaikan presentasi Anda
Pada tab Peragaan Slide, lakukan salah satu hal berikut ini:
Untuk memulai presentasi pada slide pertama, di grup Mulai Peragaan Slide, klik Dari Awal.
Memperlihatkan tab Peragaan Slide pada pita di PowerPoint
Jika Anda tidak berada di slide pertama dan Anda ingin memulai dari posisi Anda, klik Dari Slide Saat Ini.
Jika Anda ingin menyajikan ke orang yang tidak berada di tempat Anda, klik Sajikan Online untuk menyetel presentasi di web, lalu pilih salah satu opsi berikut:
Menyiarkan presentasi PowerPoint Anda secara online ke audiens jarak jauh
Tampilkan catatan pembicara saat Anda menyampaikan peragaan slide Anda.
Keluar dari tampilan Peragaan Slide
Untuk keluar dari tampilan Peragaan Slide kapan saja, pada keyboard, tekan Esc.
Tips untuk membuat presentasi yang efektif
Pertimbangkan tips berikut ini untuk membuat audiens tetap tertarik.
Meminimalkan jumlah slide
Untuk mempertahankan pesan yang jelas dan membuat audiens tetap penuh perhatian dan tertarik, Pertahankan jumlah slide dalam presentasi Anda seminimal mungkin.
Pilih ukuran font audiens-friendly
Audiens harus dapat membaca slide Anda dari kejauhan. Secara umum, ukuran font yang lebih kecil dari 30 mungkin terlalu sulit bagi audiens untuk melihat.
Membuat teks slide Anda tetap sederhana
Anda ingin audiens mendengarkan Anda menyajikan informasi Anda, daripada membaca layar. Gunakan poin atau kalimat singkat, dan coba Pertahankan setiap item ke satu baris.
Beberapa proyektor memangkas slide di tepi, sehingga mungkin ada beberapa kalimat panjang yang dipotong.
Menggunakan visual untuk membantu mengekspresikan pesan Anda
Gambar, bagan, grafik, dan grafik SmartArt menyediakan isyarat visual untuk diingat oleh audiens. Tambahkan seni yang bermakna untuk melengkapi teks dan pesan di slide Anda.
Namun, seperti teks, Hindari menyertakan terlalu banyak bantuan visual pada slide Anda.
Membuat label untuk bagan dan grafik dapat dipahami
Gunakan teks yang cukup untuk membuat elemen label dalam bagan atau grafik dipahami.
Menerapkan latar belakang slide yang halus dan konsisten
Pilih templat yang menarik, konsisten, atau tema yang tidak terlalu menarik perhatian. Anda tidak ingin latar belakang atau desain untuk mengalihkan pesan Anda.
Namun, Anda juga ingin menyediakan kontras antara warna latar belakang dan warna teks. Tema bawaan diPowerPoint mengatur kontras antara latar belakang yang terang dengan teks berwarna gelap atau latar belakang gelap dengan teks berwarna terang.
Untuk informasi selengkapnya tentang cara menggunakan tema, lihat menerapkan tema untuk menambahkan warna dan
Komentar
Posting Komentar